Sudahkah Anda daftarkan blog Anda ke Blog Directory?



















































































artikel of designed with the beautiful airplane prints
artikel of the top manufacturers of airplane crib bedding
artikel of the airplane crib bedding sets
artikel of the massive expense of helicopters
artikel of particularly rewarding as almost every RC airplane modeller
artikel of model airplane setup to offer a professional service
artikel of inexpensive disposable 35mm camera to the bottom of your model aeroplane
artikel of strapping some sort of camera to the model airplane
artikel of RC model airplane pilot
artikel of Electric power for your model airplane
artikel for the hobby of RC model airplane flying
artikel of aerial photography and video using your RC model airplane
artikel of professional aviation before returning to aeromodelling
artikel of the military when they were flying in the very airplane
artikel of be careful about with your model airplane

b. Sudut Pandang Orang Pertama

Di sini pengarang memilih seorang saja untuk bercerita, yakni orang pertama tunggal (aku). Hanya seorang tokoh "aku" inilah yang mengetahui seluruh jalan cerita. Karena itu, apa yang diceritakannya sesuai dengan pengalaman dan yang dapat diketahuinya sebagai si "aku". Di sini "aku" hanya mewakili pengarang dalam menyampaikan cerita, tapi bukan mewajibkan pribadi pengarang.

Karena cerita disajikan melalui tokoh aku, maka warna cerita sangat ditentukan oleh watak dan suasana batin si "aku". Bila "aku" seorang yang berwatak keras, maka cerita disajikan dari sudut pandangan orang yang berwatak keras. Bila aku seorang yang sentimentil dan perasa, maka penyajian cerita dari sudut pandangan yang sentimentil pula.

Keuntungan bercerita dengan sudut  pandangan ini adalah, bahwa suasana batin dapat digambarkan dengan amat tandas dan mendalam, serta penyajian kalimat mungkin lebih muda dan lancar. Namun kelemahan cara bercerita dari sudut pandangan "aku" ini adalah, bahwa penggambaran cerita akan sangat terbatas, yakni hanyak sebanyak yang diketahui oleh si "aku" saja, yang terbatas oleh orang dan waktu (lokasi  tempat dan waktu). Si "aku" tidak mungkin menceritakan dua tempat yang berbeda pada saat yang bersamaan. Si "aku" juga tidak dapat menceritkan pikiran dan suasana batin orang lain. Pendeknya, si "aku" hanya bisa bercerita, sesuai dengan perannya sebagai "aku" berikut watak yang dipasangkan kepada si aku. Demikianlah, bila si "aku" adalah seorang gelandangan yang tidur di kolong jembatan, jangan sekali-kali bercerita tentang rapat para bos di sebuah hotel berbintang, karena cerita haruslah disajikan melalui pengalaman tokoh aku itu, sedangkan si aku tidak mungkin ke hotel mewah itu.

Mari ikuti petikan cerpen berikut ini:

"Perkawinan bukan kontrak seumur hidup!" seruku hampir berteriak. "Kalau sudah tidak ada kecocokan, kapan saja bisa dibubarkan...."

Nina tidak menjawab. Dia memandangku lama sekali. Aku tidak tahu apa artinya pandangan itu. Tapi perlahan-lahan terasa kemarahan jadi mencair.

"Jodi..." ujarnya dengan suara lembut, tapi kedengaran begitu tegas. "Aku setuju dengan pendapatmu. Kita harus berpisah. Tapi mengapa harus dilakukan dengan cara orang-orang primitif?"lanjutnya. "Mengapa harus melalui pertengkaran? Mengapa tidak kita lakukan dengan baik, seperti yang kita lakukan sewaktu akan kawin dulu?"

Untuk kedua kalinya aku terkesima. Tak kuduga Nina akan berkata seperti itu. Semula aku hanya bermaksud menggertaknya, bukan sungguhan. Tapi semuanya  sudah terlanjur kuucapkan.


Pada petikan di atas jelas terlihat bahwa cerita disajikan melalui tokoh aku yang bernama Jodi. Karena itu, sudut pandangannya juga melalui tokoh "aku", yang tidak dapat mengetahui apa yang dipikirkan Nina, bagaimana pendapat istrinya itu tentang perkawainan mereka, cara bagaimana yang diinginkan Nina bila mereka harus berpisah. Ketidaktahuan ini membuat si aku terkesima, ketika hal itu diucapkan istrinya.

 

Copyright © 2010 by: www.IndexArticles.com

Proudly Powered by: Blogger
Designed by blogtemplate4u.com | Blogspot Tutorial